Advertisements

7 Kriteria Seorang Designer Grafis

Disaat tidak ada kerjaan, saya mencoba mengisi waktu luang itu untuk membuat sebuah artikel tentang desain. Kali ini saya mencoba membahas 7 Kriteria Seorang Desainer Grafis. Dalam artikel ini saya sangkutkan dengan sebuah kontes desain. Jadi mohon maaf kalau agak susah dimengerti buat desainer yang punya keahlian khusus lainnya seperti logo, namun jangan kuatir, kalimat yang saya berikan dibawah ini cukup mudah dipahami untuk semua jenis kategori desain.

Karena saya pikir dengan adanya kriteria pada diri seseorang desainer, maka cukup mutlak untuk dimiliki seorang desainer. Berikut kriteria yang dimaksud dan semoga bermanfaat untuk pembacanya.

7 Kriteria Seorang Designer Grafis

Sejuta Ide Utama dan Ide Alternatif

Kalau tidak punya ide kreatif, bukan desainer namanya! Seorang desainer pasti memiliki ide kreatif pada diri masing-masing, disaat sebuah ide tiba-tiba muncul dipikirannya, disaat itu juga dia akan segera mengimplentasikan kedalam karyanya atau minimal mencatat dan mengingatnya untuk nanti dipakai. Kadang sebuah ide muncul secara tiba-tiba, kadang muncul disaat mendesak. Pada sebuah kontes desain, ide yang muncul pastinya setelah desainer tersebut memahami sebuah brief, kemudian ide tersebut dituangkan dalam karyanya untuk dicoba mengadu nasib dalam kontes. Desainer wajib punya sejuta ide utama, dan juga wajib punya ide alternatif apabila desain yang dihasilkan tidak sesuai dengan permintaan. Jika kedua ide tersebut ada pada diri anda, maka anda layak memiliki kriteria sebagai desainer.

Berpatokan pada Fungsi yang dihasilkan

Jangan hanya menitik beratkan kepada hasil karya yang telah dibuat saat itu. Karena belum tentu desain karya anda adalah yang terbaik buat si penerima. Kalau bisa hasil karya desain anda itu memiliki semua fungsi yang ada, seperti apakah nantinya bisa dipakai, bisa dikembangkan, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting adalah karya anda memiliki jiwa / seolah hidup buat si penerima. Dalam hal kontes desain, maksudnya adalah kita jangan terpaku pada hasil desain awal itu saja, namun kembangkanlah agar desain menjadi lebih sempurna dan syukur syukur jika memiliki fungsi yang nyata buat mereka yang nantinya desain andalah pemenangnya.

Punya Solusi Masalah Desain

Tentu ini merupakan faktor penting dalam diri seorang desainer. Harus bisa memberikan jalan keluar atau solusi pada hasil karya anda, jika ada permasalahan yang muncul. Dalam sebuah kontes desain, memberikan solusi diperlukan seorang desainer jika diminta untuk menghasilkan karya yang berbeda dengan yang umum.

Tidak Mudah Menyerah

Ada kata-kata bijak seperti ini:
"Jangan jadikan keterbatasan sebagai hambatan. Tapi jadikan itu sebagai motivasi agar kamu lebih aktif, kreatif, dan inovatif."
"Jangan menyerah jika impianmu belum terwujud. Dengan semangat dan berpikir positif, semua hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin."

Nah dari situ kita bisa mengartikan Tidak Mudah Menyerah disini adalah pantang mundur jika kualitas desain kita tidak masuk kriteria mereka. Tetap berusaha menghasilkan desain baru dengan sejuta ide anda.

Selalu Kurang Puas

Kadang kala hasil karya yang sudah selesai adalah hasil akhir anda. Itu salah! Jangan puas dengan hasil karya anda tersebut, kalau kita sudah puas maka hasil tersebut stop sampai disitu saja. Saran saya adalah anda seorang desainer harus selalu kurang puas dengan apa yang sudah dihasilkan. Seperti penjelasan saya diatas sebelumnya mengenai sejuta ide. Kembangkanlah hasil karya anda menjadi sesuatu yang lebih baik dan baru. Agar selalu muncul inovasi kreatifitas baru.

Berimajinasi Tinggi

Sering seringlah anda untuk menghayal, karena dengan menghayal akan bisa mengasilkan imajinasi baru yang berbeda dari sebelumnya. Seorang desainer yang memiliki imajinasi tinggi kerap kali menghasilkan sebuah karya yang sangat briliant! kenapa? karena dengan berimajinasi maka secara langsung otak kita akan bergerak cepat menemukan ide ide kreatif yang luar biasa aneh! tidak percaya? coba saja.

Kemampuan di Software

Ini merupakan syarat penting dan keahlian khusus seorang desainer. Terutama desainer logo atau website dan lainnya yang mengharuskan memiliki keahlian khusus dalam memakai software. Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan lain sebagainya harus anda kuasai untuk mendukung seorang memiliki kriteria sebagai desainer.


Sekian artikel yang bisa saya berikan kali ini, sekali lagi 7 Kriteria Seorang Designer Grafis tidak mutlak dimiliki seseorang namun syarat keharusan untuk anda yang berjiwa desainer. Salam Desainer.

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

7 comments:

  1. Mas, Cara dapat font yang premium buat ikut 99designs gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus font premium ya harus beli mas, temen2 itu biasa cari yg free terus di edit dikit2 biar gak persis plek mas :)

      Delete
  2. Mantab artikelnya mas.. Boleh konsultasi langsung via bbm mas...

    ReplyDelete
  3. Mantab artikelnya mas.. Boleh konsultasi langsung via bbm mas...

    ReplyDelete
  4. Mantab artikelnya mas... Boleh konsultasi langsung via bbm gak mas..??

    ReplyDelete
  5. Mantab artikelnya mas... Boleh konsultasi langsung via bbm gak mas..??

    ReplyDelete
  6. maaf ya mas Adam.. kalo boleh ditambahin lagi mas selain punya imajinasi tinggi juga bisa menggambar. Menggambar dengan bagus juga salah satu basic skills seorang desainer grafis. Misalkan ketika ada contest logo atau ada contest mascot atau karakter... syukur bakat nggambarnya bagus bisa nggambar yg lainnya juga. Setuju gak? hehee.. Piss! :)

    ReplyDelete

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.