Advertisements

Tahun Baru 2015 di Gunung Bromo

Hi everyone, menjelang akhir tahun 2014 dan menunggu Tahun Baru 2015, Saya beserta keluarga merayakannya di Gunung Bromo, atau biasa dikenal sama orang bule 'mountain bromo'. Acara ini terkesan mendadak, karena tidak ada rencana untuk kesana berhubung cuaca saat ini kurang mendukung untuk bepergian ke lokasi pegunungan, namun hal itu tidak menjadi masalah buat kami sekeluarga, dengan niat awal ingin mengabiskan waktu dipenghujung tahun, akhirnya kita memilih bromo sebagai tujuannya.

Sekilas tentang Gunung Bromo, Bromo merupakan objek wisata di Jawa Timur, lebih tepatnya berada di empat wilayah yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Merupakan lokasi terdingin, karena pegunungan berada disekitar 2.392 meter diatas permukaan laut. Jadi jangan coba-coba kesana pakai kaos oblong, pastinya daya tahan tubuh teman akan kaget kedinginan, kecuali bagi mereka yang terbiasa hidup didaerah pegunungan atau daerah dingin.

New Year / Tahun Baru 2015 di Gunung Bromo
Penduduk disana ramah-ramah, dan yang paling hebatnya, penduduknya pintar cari uang :), ini karena mereka punya kesempatan meraup rejeki dari mulai berjualan baju hangat, topi dan sarung tangan, makanan dan minuman hangat, dan persewaan mobil jeep juga villa.

Karena penduduk asli orang bromo adalah suku tengger, mereka menganggap gunung bromo tempat yang suci, terbukti dari adanya pura Luhur Poten, yang merupakan tempat pemujaan Dewa Bruhmo (Dewa Brahma) dan kerap kali diadakan acara-acara keagamaan Hindu seperti Tirta Yatra dan lain sebagainya.
Pura Luhur Poten

Kami sekeluarga start berangkat ke Bromo menggunakan mobil pribadi, berangkat pukul 22.00, tujuannya sih ingin melihat acara kembang api, namun karena terlambat untuk berangkat agak sore, akibat hujan tak kunjung berhenti di Surabaya. Setelah berhenti kamipun berangkat. Selama perjalanan kami memilih rute Surabaya - Porong - Pasuruan - Bangil dan Probolinggo. Tepat daerah Probolinggo ada papan petunjuk lokasi Bromo, kamipun belok ke kanan dan masuk ke arah Bromo.
Dalam perjalanan, hujan gerimis terus mengguyur, untung saja tidak sampai hujan lebat, karena kalau hujan lebat sudah pasti jalan akan jadi licin, dan jarak pandang akan semakin pendek akibat kabut yang muncul. Perjalanan cukup panjang, medan jalan yang beliuk liuk itu kita lalui dengan pelan-pelan.

Sesampainya di lokasi, kamipun membayar tiket masuk, harga tiket saat itu adalah 45,000 per orang. Dan langsung diarahkan ketempat parkiran oleh petugasnya, syukur kita dapat lokasi parkir yang bagus, karena disana sudah penuh sesak dengan mobil pribadi yang parkir juga mobil jeep sewaan yang siap mencari mangsanya.

Saat turun dari mobil, udara dingin yang menyengat langsung menusuk tulang kami. Kamipun bergegas ganti pakaian, menambah pakaian hangat serta membeli beberapa pakaian hangat seperti topi dan sarung tangan. Apalagi kita bawa 2 anak kecil, yakni kedua anak saya, tapi mereka senang sekali dengan udara dingin, jadi menambah semangat mereka buat acar selanjutnya.

Saya langsung ditawari sewa mobil jeep, harga yang ditawarkan sudah sangat mahal, akibat momen tahun baru dan banyaknya wisata yang sudah hadir disini. Dari harga sewa mobil jeep yang saya dapatkan, mereka mematok harga sangat tinggi, contoh, 2 lokasi (metigen dan bromo) harganya 500.000, 2 lokasi (penanjakan 2 dan bromo) harganya 750.000, dan 2 lokasi (penanjakan 1 dan bromo) harganya 850.000. Sayapun mengeluh dan mencoba nego, akhirnya kita sepakat untuk ambil paket yang 2 lokasi (penanjakan 2 dan bromo) sebesar 650.000. Masih mahal sebenarnya sih, tapi disana sudah segitu harganya. Apalagi mereka komunitas jeep sudah mematok harga demikian.
Oh ya, dari informasi mereka, bahwa di Penanjakan 1 sudah ramai, dan tidak akan bisa melihat matahari terbit (sunrise), disarankan Penanjakan 2 atau Metigen, karena sudah seminggu ini matahari tidak tampak karena musim hujan dan kabut yang menutupi kawah bromo atau spot gunung tempat matahari terbit.

Kamipun berangkat menggunakan jeep sewaan, menuju Penanjakan 2. Dulu saya pernah sewa jeep, dan itu masih murah hanya 250.000 saja sudah ke Penanjakan 1. Tapi sekarang harga sudah berbeda apalagi pas momen tahun baru.

Dalam perjalanan, kondisi jalan bagus, ada juga lubang tergenang air. cuman sempit, dan tentunya berkelok kelok, tinggi menukik dan curam juga. Orang tua kami sempat khawatir dengan posisi jeep yang berubah hampir 75 derajat itu. Tapi karena jeep hanya pilihan satu-satunya, yang bisa melalui semua rintangan selama perjalanan.

Sesampainya di spot Penajakan 2, kami pun turun, sudah banyak jeep yang parkir disana. Ternyata hal yang tidak kami bayangkan sebelumnya, Penanjakan 2 membutuhkan perjalanan kaki yang ekstra. Penanjakan 2 dikhususkan bagi mereka yang suka hiking. Bayangkan saja, dari parkiran jeep sampai ke spot view Penanjakan 2 itu jaraknya 1.5 kilometer. Saya sempat kasihan dengan 2 orang mertua yang saya ajak. Namun mereka sepertinya semangat ingin mencapai puncak, walau tidak tau kondisi awalnya. Dalam perjalanan itu pun gelap gulita, hanya diterangi lampu sorot, senter dan handphone dari orang lain yang juga akan menuju ke puncak. Kita tidak sendirian, ternyata banyak sekali yang juga melawan lelah menuju puncak. Sedikit demi sedikit kita istirahat. Hingga suasana disana jadi tambah hangat dan semangat.

Fireworks

Setiba di puncak Penanjakan 2, kami bergegas cari tempat duduk, dan tentunya membeli minuman hangat. Harga kopi dan teh panas jadi 5000 rupiah, "yang bikin mahal adalah airnya" kata penjual. Hahaha.

Sambil menunggu matahari terbit, dimana kita sudah sampai disana tepat jam 3 pagi, itu artinya 2 jam perkiraan matahari akan terbit. Sayapun sudah siap mengambil posisi untuk mengabadikan sunrise. Saat itu saya berada diatap tempat berteduhnya pengunjung, untungnya terbuat dari beton jadi bisa menampung lebih dari 25 orang diatas atap tersebut. Lihat saja foto dibawah ini, saya foto dari atasnya.

Pengunjung di Penanjakan 2

Pengunjung Penanjakan 2 menanti Sunrise

Pas jam 5 pagi cahaya gelap sudah mulai hilang, kita sudah bisa melihat gugusan pegunungan di lokasi bromo. Mulai dari kawah bromo, gunung batok, lautan pasir, orang-orang dan mobil jeep berjejeran yang tampak kecil sekali. Namun sangat disayangkan sekali, sunrise yang saya tunggu-tunggu itu tidak juga tampak sampai cahaya sudah terang sekali. Dan matahari baru bisa kelihatan ketika jam 9 pagi. Ya sudahlah, penyebab hujan dan kabut tenyata menutup matahari, dan kami semua kecewa dengan sunrise.

Parkiran Jeep di Penanjakan 2

Kekecewaan hanya sementara, kamipun bergegas menuju kawah bromo tepat pukul 7 pagi, kembali melewati medan seperti diawal kita naik, kali ini kita turun, dan serasa lebih cepat dan tidak lelah tentunya. Supir jeep sudah menunggu dan siap langsung berangkat ke kawah bromo. Sesampainya di padang pasir, berjejer mobil jeep sudah stanby parkir, mereka juga sedang menunggu penumpangnya yang habis dari acara melihat sunrise. Posisi parkiran jeep kali ini diatur jauh dari lokasi pura Luhur Poten, dulu terakhir saya kesana semua jeep parkir tepat didepan pura. Yah jalan kaki lagi deh.

Akibat lelahnya pas naik ke Penanjakan 2, kaki kami semua terasa pegal sekali. Jadi kami putuskan tidak naik tangga hingga puncak kawah bromo. Momen spot lokasi yang seharusnya harus dikunjungi kami batalkan. Ini semua gara-gara salah ambil lokasi awal. Seharusnya mengambil Penanjakan 1 dan Metigen yang medannya tidak begitu berat. Mungkin lain kali kalau ke Bromo lagi, kita ambil langsung Bromonya saja. Biar tidak melelahkan. Kasihan buat yang orang tua.

Jam 9 pagi kamipun berangkat pulang ke Surabaya. Saya yang nyetir mobil juga terasa sekali kaki sangat pegal, dan jari kelingking kaki saya lecet karena salah pakai sepatu :)

Buat yang ingin ke Gunung Bromo, berikut tips saya yang mungkin bermanfaat:
  • Siapkan dan gunakan pakaian tebal, seperti jaket, sweater, topi dan sarung tangan serta sepatu untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.
  • Pintar-pintar bernegosisasi dengan para penyewa mobil jeep
  • Jangan ke Bromo ketika musim hujan, karena lokasi jadi becek, licin, dan tentunya berkabut, akan sangat sulit melihat matahari terbit. Ingat, Tahun Baru selalu hujan!
  • Sewalah mobil jeep sebelum pintu gerbang masuk wisata Bromo, karena disana menawarkan sewa mobil jeep lebih murah, dan bernegosiasilah semurah mungkin.
  • Ketika akan menyewa kuda, tunggu sampai ada yang menawarkan kuda ketika mereka dalam posisi balik, jangan di posisi akan berangkat. Biasanya mereka akan menawarkan harga murah.
  • Ketika beli tiket masuk, jangan bilang total semua penumpang, kurangi 1-3 orang biar murah :)
  • Bawalah tustel, handphone, kamera DSLR, hingga tongsis kamu, kalau tidak ada ini acara jadi rugi tidak ada foto kenang kenangan.
  • Bawalah air minum dan cemilan, karena kalau sudah dilokasi harga akan sangat mahal terutama minuman.

Apakah bisa wisatawan ke lautan pasir, penanjakan dan puncak Gunung Bromo menggunakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi? Jawabannya adalah Tidak diperbolehkan.

Berikut ini koleksi foto-foto saya ketika acara Tahun Baru 2015 di Gunung Bromo:

Iring-iringan Jeep turun dari Penanjakan 2
Jalan turunan Jeep di Penanjakan 2

Rumah penduduk di bagian kiri kawah bromo

Parkiran Jeep di lautan pasir Bromo

Parkiran Jeep di Lautan pasir Bromo

Gunung Batok

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

10 comments:

1. Wah, sekarang jeep di bromo mahal banget yak :| 750 ribu sekali jalan~ mending naik sepeda motor kalo gitu -,-

ReplyDelete
  2. Hi mas Fahmi, iya itu pas moment tahun baru atau liburan aja, kalo hari biasa mah mungkin 250rban aja.
    Dulu saya juga kesana pernah naek motor, sama mantan istri boncengan :)
    Thanks dah mampir ke blog saya yah.

ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

4. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

6. untuk yang mau wisata seperti pak adam, boleh contact kami, atau email at javatourhoildays@gmail.com atau click javatourhoildays#blogspot.com trima kasih pak adam
    salam
    miko 085336162411

ReplyDelete
  7. Mantab dan menarik. Wisata bromo yang memiliki pemandangan yang indah nan menawan. Suasana yang dingin dan segar. Salam kenal dari Sewa Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

8. seru banget kayanya, jadi pengen nyoba..

9. itu bawa anak umur brapa tahun.. bagusnya klo pake mobil pribadi nginep di tempat sekitar banyak kah?