Advertisements

Dilema Desainer Website di Kontes Web Design 99designs


Hallo teman-teman, kembali lagi Saya mencoba untuk memperbanyak artikel pada blog pribadi saya ini, khususnya topik mengenai kontes di 99designs. Untuk kali ini saya mencoba share berbagi pengalaman pahit saat mengikuti kontes website. Berhubung fokus kontes saya adalah di kategori web design maka saya hanya bisa menceritakan pengalaman di web desain saja.

Banyak desainer di kontes 99design yang kecewa dengan status kontes tersebut, antara lain kontes locked hingga kontes refund. Saya akan menjelaskan sedikit kepada teman-teman apa artinya locked dan refund itu.

Dilema Desainer Website di Kontes Web Design 99designs

Kontes locked artinya kondisi kontes yang tidak ada kelanjutanya, biasanya disebabkan oleh Contest Holder (CH) yang sudah tidak peduli dengan kontes yang dia buat, faktor utama biasanya adalah hasil desain dari semua desainer yang masuk dalam kontes mereka mungkin masih belum sesuai harapan si CH, ada lagi mereka dengan sengaja meninggalkan kontes tanpa sebab atau kesibukannya hingga tidak sempat menjamah kontesnya.


Kontes Refund adalah kontes yang pada akhirnya ditutup oleh 99design atas permintaan CH untuk pengembalian dana kontesnya. Biasanya sekarang kejadian refund ini sedang marak di 99design. Penyebabnya macam-macam, diawali dengan kondisi kontes locked, kemudian akhirnya kontes Refund. Berdasarkan pengalaman saya, kontes refund ini penyebab utamanya adalah kondisi hasil desain kontes yang tidak memuaskan bagi si CH, entry entry desain yang masuk sangat jauh dari harapan si CH. Ketika kondisi ini terjadi, maka si CH akan mengajukan pengembalian dana kontes ke pihak 99design. Akhirnya kontes menjadi Refund. Mengenaskan bukan?

Ada sebuah kontes web desain, kebetulan si CH berasal dari sebuah negara di Eropa sana, dia ingin merubah / meredesign websitenya dengan tampilan baru. Dan kebetulan saya merupakan salah satu finalisnya dari total 5 desainer. Semua rating desainer sama rata yakni bintang 5. Sehingga saya tidak tahu mana yang sekiranya akan menjadi pemenang. Namun saya bisa memperkirakan jika harapan menang itu ada yakni dari feedback yang diberikannya. Semua feedback bagus, hingga feedback update dan revisi desain sangatlah berpotensi memenangkan kontes.

Saat masa kontes final berakhir, kita semua sudah tidak bisa lagi submit desain karena memang sudah terkunci. Datanglah sebuah feedback baru yang ini mungkin membuat cemas bagi saya juga bagi desainer lain. Kenapa cemas? karena feedbacknya membuat kita para desainer posisinya terjepit. Terjepit kenapa? karena hanya desainer pilihan si CH saja yang bisa menyanggupi syaratnya. Syaratnya apa? berikut ini saya ceritakan.

  • Si CH akan memenangkan desainer jika mampu mengubah tampilan website lamanya ke tampilan baru memakai desain kita yang nanti jika menang.
  • Si CH akan memberikan job tambahan di 1-to-1 project dengan harga jasa yang terbaik buat CH

Berhubung mendapat tekanan seperti itu, maka saya mencoba mengajukan penawaran, namun baru sebatas tanya dulu karena saya mampu dalam coding ataupun convert html yakni, saya tanya coding seperti apa yang dipakai pada websitenya? apakah itu sebuah CMS open source atau coding custom? semua coding membutuhkan file script websitenya untuk nanti saya oprek. Dan jika coding custom berarti saya harus tau detail scriptnya seperti apa kan? lalu saya tidak bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan buat project tambahan itu karena harus saya dapatkan dulu detail coding websitenya.

Selang 2 hari tidak ada balasan dari CH, lalu saya mulai merasakan keganjilan aktifitas si CH, dimana saya bisa melihat jumlah feedback bertambah dan saya pastikan itu bukan feedback ke saya tapi ke desainer lain. Mau tidak mau saya langsung kontak staff 99designs ingin melaporkan, report si CH jika feedback terakhir itu adalah salah dan tidak diperkenankan dalam sebuah kontes. Saya lapor jika si CH akan memenangkan kontes berdasarkan project tambahan yang mana kondisinya menyudutkan desainer yakni melakukan coding website tanpa informasi jelas juga biaya jasa project tambahan oleh desainer. Pihak 99designs langsung merespond masalah saya dan segera diteruskan ke CH dan mengatakan jika dalam kontes itu lebih menekankan pada hasil desain saja, bukan pada project tambahan lain.

Selang beberapa jam kemudian, tiba-tiba saya mendapatkan email Winner Choosen yang artinya saya dan beberapa desainer lainnya kalah dalam sebuah kontes yang tidak fair. Kenapa tidak fair, seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika CH akan memenangkan kontes jika desainer sesuai kriterianya yakni project tambahan di coding website.

Inilah dilema saya sebagai desainer website pada web design di 99designs yang mana pengerjaan sebuah website itu tidaklah cepat, dan sebisa mungkin hasilnya memuaskan. Namun jika kita desainer website sudah berusaha semaksimal mungkin di desain kita namun akhirnya kalah akibat permintaan berat dari CH, ini akan menjadi mimpi buruk di kontes manapun. Semoga hal ini tidak terulang kembali.

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

12 comments:

  1. omm aku seh belum pernah yooo dapat menang website tapi modah2an tdk kejadian ke aku lah hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka ojo sampe lah, soale iki kontes super jelimet sama extra kerja keras, btuh wasting time panjang hehehe.

      Delete
  2. omm apa 99design akan di tutup?

    https://99designs.community/t/tasks-and-ready-made-store-shutdown/56662

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ditutup hanya untuk task dan lapak jualan logo di logo store aja mas :( sangat disayangkan sekali.

      Delete
  3. tanya mas saya br aja daftar di 99..saya baru aja baca dan searching tentang 99designs masih bingung nih itu klu yang dikategori web & appdesign ada subcategory landing page, wordpress theme dll .. yang mau saya tanyakan jenis kontes ini sebatas design tampilan doank pakek sejenis ilustrator dll atau kita create pakek coding php css dll ? maaf klu panjang mas maklum newbie baru belajar ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halllo mas, untuk jenis kategori yang dimaksud itu umumnya hanya sebatas desain tampilannya saja pakai photoshop. Penambahan desain ilustrasi biasa juga ada apabila diminta oleh CH di brief, kemudian paling sering pada appdesign seperti infographic kayak chart atau sebagainya. Nah untuk codding kalau saya sering lewat 1-to-1 nya, jadi kontes itu tidak termasuk codding lho. Namun ada pengecualian jika di brief diminta plus codding tapi ini sangat jarang. Oke mungkin bisa membantu pencerahan yah. Semoga sukses kontesnya :)

      Delete
  4. saya pemula. Kalo design web pake aplikasi apa ?, nah kan web itu pasti ada button/tombol itu hanya designnya aja apa harus berfungsi misal di klik pindah halaman

    ReplyDelete
  5. 99designs tidak menarik lagi bagi CH dan desainer....banyak yang komplain dan membatalkan kontes....

    ReplyDelete
  6. mas mau tanya ni.. kalo kontes website itu hanya desain website atau sekalian sama sistem codingnya?

    ReplyDelete
  7. saya baru seminggu gabung 99d.
    ini pertama kali masuk ronde 3, eh udah ngerasain kaya gitu juga gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 hari kemaren, kalah gara2 nextproject.padahal udah rate 5.

      hari ini di kontes yg beda, kontesnya locked utk beberapa minggu. padahal desainnya berpotensi utk d pilih juga.

      saran agan, klo locked ini harus gimana? klo saya withdrawn design apa desain saya masih bisa d liat CH? krn saya takutnya cuma sekedar pencurian ide bermodus kontes.

      saya newbie soalnya gan baru seminggu.

      Delete
  8. Mas, mau tanya nih. Kebetulan saya juga ikut 99designs, fokusnya di logo. Kalau ikut yang kontes web/landing page, diminta codingnya juga nggak ya? Soalnya ada yang 1 to 1 tapi buat landing page. Di iyakan nggak kira2 nih :). Terimakasih mas.

    ReplyDelete

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.