Advertisements

Kisah Seorang Freelance Desainer Graphis Potensi Berpenghasilan Puluhan Juta

Hi semua, kembali saya mencoba menghadirkan sebuah cerita kisah dari seorang freelance desainer graphis yang berpotensi mampu berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. Mungkin dari kamu yang membaca kisah ini sedikit merenung, apa benar itu nyata atau hanya cerita belaka? hanya bagi mereka saja pernah mengalaminya dan setuju dengan pernyataan saya disini, bahwa semua itu benar adanya dan bukan bualan semata.

Jenis pekerjaan itu sangatlah banyak, seiring dengan perkembangan jaman maka siapa yang tidak pandai mencari jalan keluar dari kebutuhan ekonomi sekarang ini pasti akan jatuh kejurang kemiskinan. Mereka dipaksa untuk menjalankannya, mulai dari pekerja kantoran hingga pekerja rendahan atau apa saja yang sekiranya bisa menutup pengeluaran kebutuhan bulanan.

Freelance atau biasa disebut pekerja lepas atau tenaga lepas, adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang secara sendiri. Pekerjaan yang bebas dikerjakan tanpa adanya perintah dari atasan layaknya melayani seorang majikan yang harus segera dilaksanakan dan diselesaikan.

Kisah Seorang Freelance Desainer Graphis Potensi Berpenghasilan Puluhan Juta

Freelance janis yang saya maksud adalah pekerjaan yang memiliki skill dalam dunia desain graphis, tidak telepas dari menuangkan ide kreatifitasnya kedalam sebuah karya yang bisa bernilai harganya. Bagaimana dengan pembayaran atau gaji seorang freelance? ini yang berbeda dengan pekerjaan tetap, dimana kita sebagai freelance akan mendapatkan gaji atau bayaran jika sebuah pekerjaan selesai, ketika selesai kita tidak mendapatkan bayaran lagi, terkecuali ada sistem kontrak atau pekerjaan berlanjut yang pembayarannya akan berlanjut jika sebuah pekerjaan baru datang dan selesai.

Alkisah seorang remaja yang pada awal mudanya cenderung memiliki keterampilan berbeda dengan teman-temannya, dia lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencoret coret sebuah kertas untuk menuangkan ide yang ada dipikirannya, semasa sekolah pun sering menggambar dan hasilnya sangat kreatif. Teman lainnya tidak ada yang bisa seperti dia, teman lain hanya bermain dan belajar. Hingga saat dewasa, dia tidak pernah mencari pekerjaan tetap setelah selesai kuliah, yang ada dipikirannya hanyalah berkarya, menghasilkan sesuatu yang banyak orang tidak mampu membuatnya. Karya-karyanya banyak dia jual namun dia paham bahwa penjualannya tidaklah bisa banyak menguntungkan apalagi pekerjaan ini di Indonesia tidaklah begitu bagus. Karya-karya kreatifitas dari seorang desainer graphis tidak ada harganya, jikapun ada yang menghargainya itu hanya para pecinta seni yang maniak.

Seiringnya waktu dia mulai mencari informasi diluar negeri melalui internet, hingga suatu saat menemukan sebuah tempat untuk melepaskan ide kreatifitas yang cukup gila dalam memenuhi kebutuhan pembelinya. Tempat itu disebut market place yang saya saat inipun ikut terjun langsung didalamnya. Adalah 99designs.


Ketika 99designs hadir di dunia maya, bertujuan untuk mempertemukan antara seorang desainer graphis dengan calon pembeli desain, dia sudah bergabung disana. Dan pada saat awal mula berdirinya marketplace ini, calon pembeli belumlah begitu banyak, juga para desainer masih sedikit. Saya rasa itu merupakan awal yang bagus dimana adalah kesempatan emas dalam mencari penghasilan tambahan dari orang luar negeri.

Sedikit demi sedikit dia ikut kontes desain di 99designs, kemudian jerih payahnya menghasilkan. Betapa senangnya dia ketika memenangkan sebuah kontes dengan nilai sangat besar, kalau tidak salah bisa 10 kali gaji UMR di Indonesia, artinya ketika dia memenangkan hadiah tersebut bisa menutupi biaya hidup selama hampir setahun pada saat itu. Terus dia yakin akan jalan keluar dari masalah hidupnya, seolah itu adalah petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa. Maka dia tidak melepas kesempatan itu sama sekali.

Hingga saat ini, dia mampu menghidupi keluarga kecilnya hingga orang banyak, dan juga menurunkan ilmunya kepada siapa saja yang mau belajar desain graphis. Dan mengenalkan kepada semua tentang 99designs jika disanalah tempat dia sukses juga orang banyak yang ikut sukses sekarang.

Kisah diatas saya tidak jelaskan jati diri orang tersebut, namun cukup rasanya kamu semua meyakini bahwa kita seorang freelance desain graphis adalah pekerjaan atau profesi yang bisa dibilang jauh lebih baik daripada kerja kantoran. Tergantung sisi darimana kita melihatnya. Tentu itu semua didorong dengan keyakinan dan keseriusan kita dalam menjalankannya. Seseorang akan sukses dalam berkarir apa saja jika kita menjalankan pekerjaan tersebut dengan perasaan yang senang.

Saya sendiri disini sudah lebih fokus di 99designs, banyak teman-teman sesama desainer yang hidupnya dari 99designs. Asal anda tahu, jika kondisi kita sebagai desainer sudah dikatakan expert atau ahli dibidangnya, saya yakin perjuangan kalian di kontes desain akan semakin berhasil.

Penghasilan dari 99designs sendiri adalah dari hadiah sebuah kontes desain, selain itu ada project tambahan dari klien kepada kita langsung via 1-to-1 project. Belum lagi project luar lainnya. Penghasilan minimal 2 kali dari UMR ketika kita memenangkan sebuah kontes desain dengan hadiah terkecil. Bahkan bisa dengan mudah kita dapatkan ribuan dollar amerika tiap bulan.

Freelance desainer 99design sudah terbiasa berpenghasilan dollar, kita bukan lagi dibayar dalam rupiah, namun saat pencairannya saja yang rupiah. Dan kami berbeda dengan pekerja seorang Internet Marketer lainnya yang sama-sama mendulang dollar. Kita lebih cenderung ke pekerjaan lebih halal dan lebih aman dibanding mereka yang hanya bekerja dari upaya promosi periklanan yang suatu saat bisa jatuh dan memulai kembali dari nol. Kita semakin lama akan semakin kuat dengan karya-karya kita.

Sekian saja cerita Kisah Seorang Freelance Desainer yang mampu meraup keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah melalui sebuah kontes desain di 99designs. Semoga apa yang bisa saya curhatkan disini membuka kembali pikiran teman-teman desainer yang mungkin belum berhasil atau belum jodoh dengan perkerjaan kami ini. Tekun, Fokus, dan Semangat itu modal utama selain skill / kemampuan seseorang. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya lain kecuali koneksi internet saja. SemangART Selalu!

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

0 komentar:

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.