Advertisements

Mengatur Jam Kerja Seorang Freelance Designer 99designs

Kerja... Kerja... Kerja... jadi inget dengan slogan itu yang sedang ramai dibicarakan. Asal kita tau saja etos kerja setiap orang berbeda dengan yang lainnya, ini juga bukan dikhususkan pada individualnya tapi juga golongannya. Mungkin dengan slogan diatas lebih menekan kepada semua kalangan. Dengan maksud diatas mau tidak mau kita bekerja dengan semangat yang tinggi untuk meraih harapan positif yang kita inginkan. Disangkut pautkan dengan cara kerja seorang freelance, terutama kita yang berprofesi sebagai desainer juga profesi lainnya yang tidak tergantungan dengan sistem kerja lembaganya. Kalau dilihat dari cara kerja kita, itu sangat berbeda dengan mereka. Seorang freelancer sejati akan selalu tidak bisa mengatur jam kerjanya. Percaya kan?

Seperti contohnya saya yang sudah sejak lama berprofesi sebagai pedagang, yang menjadi bos pada diri sendiri, tidak memiliki karyawan namun bisa menggaji diri sendiri melebih mereka yang mempunyai gaji tetap. Saya bisa mengatur segalanya tanpa ada paksaan dari pimpinan. Saya juga bisa mengatur jam kerja saya seenaknya tanpa batasan batasan. Saya bisa bekerja di siang hari setelah bangun tidur dengan hanya menggunakan kaos oblong, saya bisa bekerja di jam waktunya orang tidur, dan tidur diwaktunya orang bekerja. Itulah kehidupan seorang freelancer. Tidak ada ukuran waktu yang mengharuskan kita bekerja disiplin.

Mengatur Jam Kerja Seorang Freelance Designer 99designs
Namun kali ini saya berbicara sebaliknya, saya akan mencoba dan menjalani perputaran hidup dengan mengikuti jam kerja orang pada umumnya, yang mungkin akan mengubah pola hidup saya tentunya agar bisa mengimbangi kondisi lingkungan. Dengan mencoba mengatur jam kerja mulai dari pagi hingga sore, kemudian malam istirahat hingga ketemu pagi lagi. Jam kerja itu sudah mulai rutin saya lakukan. Dengan harapan saya bisa mengimbangi jadwal aktifitas sehari hari bersama istri, anak dan keluarga. Disaat mereka aktif, saya pun harus hadir aktif bersamana, disaat mereka istirahat, sayapun ikut beristirahat. Tentu pola rutinitas ini akan mengebalikan suasana keharmonisan keluarga yang mungkin selama ini mulai berkurang akibat jam kerja yang bertentangan.

Buat teman-teman desainer, sesama freelancer, jenis profesi apapun kalian, sekiranya mencoba mengubah pola hidup aktifitas dan rutinitas kita sehari-hari. Saya yakin kalian akan lebih banyak menghabiskan waktu disaat mereka istirahat. Saya tahu kalian berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Dan saya yakin kalian semua adalah orang-orang yang hebat bahkan lebih hebat dari mereka yang berprofesi lain yang salah satunya hanya mengharapkan gaji buta dan tidak sama sekali memperlihatkan potensi mereka. Saya yakin kalian bisa mendapatkan penghasilan puluhan kali lipat daripada mereka. Itulah perbedaan kita dengan mereka. Jadi saya akan mendukung semua usaha kalian menjadi manusia yang lebih tepat mendapatkan julukan dari slogan Kerja... Kerja... Kerja...

Kali ini saya coba memberikan nasihat untuk pola hidup kalian, perubahan untuk mengatur jam kerja kita sebagai freelance desainer. Mungkin bagi yang tidak setuju saya maklum dan saya mohon maaf atas artikel ini. Namun jika masukan ini bisa diterima saya sangat bersyukur bisa membantu kalian untuk memperbaiki keadaan dan sekaligus kehidupan yang lebih sehat.


Berikut ini saya sedikit meramu bagaimana mengatur jam kerja kita, apa dampak jika dilakukan terlalu berlebihan, apa dampaknya setelah terjadi perubahan.

  1. Mulailah membuat time table untuk jadwal kerja kalian, biasakan mengikuti jadwal tersebut pelan-pelan, jika mulai kerja jam 7 pagi, lakukan kerja tanpa henti hingga sore hari. Istirahatlah pada malam harinya seperti halnya kehidupan normal.
  2. Kerja malam bisa mengakibatkan timbulnya penyakit. Berdasarkan informasi di internet, banyak sekali penyakit penyakit yang timbul akibat terlalu banyak kerja malam, salah satunya adalah gangguan susah tidur, peningkatan resiko diabetes karena gangguan regulasi glukosa dan perubahan metabolisme, dan juga penyakit serangan jantung. Coba kalian pikirkan lagi, bahaya bahaya tersebut demi kesehatan kalian. Lihat juga artikel saya mengenai Waspada Penyakit Ginjal Timbul Karena Banyak Duduk saat Kerja!.
  3. Perubahan akan dirasakan setelah mencoba pola hidup orang normal, dimana kalian akan merasakan sesuatu yang berbeda pada tubuh kalian, dimana pada malam hari kita sudah merasa mengantuk dan tidak kuat untuk bekerja. Dimana kita semakin sering bersama orang-orang kita cintai.
Sekali lagi, saya disini mencoba untuk menceritakan apa yang pernah saya lakukan dan hasilnya. Saya dulunya bekerja pagi siang dan malam, hingga tidurpun cukup 3-5 jam saja, itupun dilakukan pada siang hari. Namun dengan mengembalikan keadaan tersebut ke jam kerja normal maka kondisi saya sekarang merasa lebih baik. Cara kerja saya yang disiplin waktu, pagi hingga sore, malam kadang hanya mengupdate kerjaan sebentar tanpa harus melembur sampai pagi. Yang saya dapatkan yakni manfaat kesehatan bagi tubuh. Jadi saya menyarankan kepada teman teman freelancer semua, buatlah jadwal untuk mengatur jam kerja kita sebagai seorang freelance, khusunya di 99designs. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

1 comment:

  1. salam kenal ..
    keren sekali postingnya mas, sangat setuju dengan yang ditulis dengan pemikiran kamu masbro.. saya rasa mengatur waktu memang perlu freelance bukan seenaknya sendiri .

    trims .

    ReplyDelete

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.