Advertisements

Tips dan Trik Agar Berani Memulai Ikut Kontes Vehicle Wrap di 99designs

Artikel tambahan buat kamu yang ingin mencoba mengadu nasib di kontes kategori Vehicle Wrap 99designs. Saya mencoba memberikan tips dan trik khusus supayakamu berani memulai ikut dalam kontes vehicle wrap 99designs. Banyak yang bertanya apakah saat memproses desain menggunakan foto asli mobil yang diedit atau menggunakan template berformat vector?

Nah, berhubung kontes vehicle wrap ini memiliki peraturan yang jelas bahwasanya keperluan vehicle wrap sudah tentu memakai template mobilnya. Lalu bagaimana dengan kita sebagai desainer baru yang tidak memiliki file template mobil tersebut? apakah disediakan oleh Contest Holder? mencari template gratisan di internet? atau terpaksa harus kita beli? atau mungkin buat sendiri?

Tips dan Trik Berani Memulai Ikut Kontes Vehicle Wrap di 99designs
Jangan kuatir, berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam mengikuti kontes vehicle wrap ini, lebih dari 75% mereka (contest holder) tidak membutuhkan file berupa vector yang diaplikasikan kedalam template mobil. Dan hampir 90% dari kontes yang ada itu tidak menyertakan template mobilnya. Mereka hanya menginformasikan jenis dan tipe dari mobil, serta arahan desain mobilnya saja. Sebaliknya, sedikit sekali kontes yang harus menyertakan template vector mobil. Biasanya mereka sudah menyertakan file template mobil, jadi kita tinggal pakai dan implementasikan desain ke template.


Sudah ada pandangan bukan? kalau kontes vehicle wrap ini tidak bikin bingung diawal, sulit dan tidak begitu melelahkan ketika mempersiapkan file handover ke contest holder. Berikut ini saya coba berikan tips dan trik agar kamu berani memulai ikut kontes vehicle wrap di 99designs.

Langkah & Tips persiapan ikut Kontes Vehicle Wrap

1. Mencari informasi kendaraan

Langkah pertama ini mungkin salah satu yang membuat kita bingung untuk memulai mendesain vehicle wrap. Ketika kamu membaca brief dalam kontes, sudah disebutkan oleh CH untuk mobil mereka yang ingin di desain, contoh 2016 Mercedes-Benz Sprinter, itu merupakan tipe kendaran van terbaru tahun 2016 Mercedes-Benz, karena masih baru kemungkinan template mobilnya yang berupa vector belum tersedia, atau jika tersedia pun mahal. Karena faktor itulah kita coba memakai foto model dari mobil tersebut dari google. Carilah dan simpan foto mobil yang beresolusi tinggi dan memiliki berbagai posisi preview mulai dari samping kiri kanan, depan belakang hingga atap/roof jika ada. Ini bekal pertama kamu untuk kelangkah selanjutnya.

2. Mencari Inspirasi Desain Vehicle Wrap

Langkah ini merupakan yang paling gampang untuk dicari informasinya, tapi paling sulit untuk dikerjakan. Seorang desain grafis dibutuhkan kemampuan dalam mencari ide ide briliannya, juga memiliki kriteria seorang desainer yang cukup, cek artikel saya 7 Kriteria Seorang Desain Grafis.

Pada desain vehicle wrap ini, ide desain bisa kita dapat dari mana saja, paling terdekat adalah disekitar kamu, ketika sedang berpergian kemudian menjumpai sebuah mobil bergambarkan sesuatu yang menarik untuk dilihat. Yang paling gampang sih tinggal search foto di google dengan keyword vehicle wrap, akan banyak sekali gambar-gambar mobil yang bisa kamu jadikan inspirasi saat akan mendesain. Selain itu coba juga ke website Pinterest atau instagram dengan hastag vehicle wrap, akan ada banyak foto-foto mobil mereka yang dipublish untuk sekedar hobi atau bisa juga bisnis. Dan bisa juga langsung ke galery vehicle wrap di 99designs.

3. Membuat Desain pakai Photoshop

Setelah kamu mendapat inspirasi desain mobil, sekarang saatnya langsung mempraktekan ke senjata kamu, yakni Photoshop. Banyak desainer yang lebih memilih langsung mendesain mobil lewat Photoshop tanpa melalui pengerjaan vector di Adobe Illustrator. Kenapa? karena ini mempercepat proses entry sebuah kontes. Mereka berfikir pengerjaan penyempurnaan pakai vector bisa dilakukan saat proses handover saja. Toh juga belum tentu pihak CH akan meminta file vectornya. Prosesnya ini membutuhkan keahlian khusus dalam memanipulasi foto, saya yakin kamu pasti bisa memanipulasi foto, seperti dari foto mentahan mobil yang bodinya berwarna merah dijadikan warna putih sebagai dasar warna agar mudah saat menggabungkan material gambar lainnya seperti logo, strip warna, text serta background. Untuk video tutorial memanipulasi foto untuk desain mobil akan saya persiapkan, tunggu artikel selanjutnya. Atau kamu bisa cari di youtube juga banyak tersedia dengan keyword "visualize vehicle wrap".

4. Menggabungkan Desain ke Template Mobil pakai Adobe Illustrator

Ini langkah digunakan ketika kamu akan mengirimkan file hasil desain via handover setelah memenangkan kontes. Template yang dipakai bisa dari file template yang disediakan oleh CH, membuat sendiri atau membelinya. Untuk membuat template sendiri tidak butuh detail ukuran mobilnya, patokan ukuran mobil langsung saja pakai foto mobil. Untuk video ini sudah saya berikan di postingan saya yang Cara Mendesain Baju Mobil Vehicle Wrap.

Penggunaan program Adobe Illustrator ini saya sarankan. Kenapa? karena kebanyakan perusahaan large printing diluar sana menggunakan format ini.

5. Kirim File Handover

Langkah terakhir, mengirimkan file desain lengkap saat proses handover. Siapkan semua file desain kamu mulai dari file Photoshop, file Adobe Illustrator, format tambahan berupa EPS atau PDF dan Preview entry desain. Khusus format vector saya sarankan juga mengkonvert dari RGB ke CMYK, kebanyakan meminta format CMYK, namun ada juga yang meminta format Pantone. Jika ada yang request Pantone nanti bisa kamu ubah sekalian.

Tips dan Trik Agar Berani Ikut Kontes Vehicle Wrap

  • Jangan terhambat ikut kontes karena tidak punya template mobilnya, saran saya, cari di gogle dan gunakan foto mobilnya saja yang high resolution dan memiliki beberapa posisi tampilan mobil.
  • Desain langsung menggunakan Photoshop untuk entry pertama kamu, dan sebisa mungkin tampilannya eye catching. Semakin menarik preview desain kamu, semakin bagus rating kamu.
  • Disaat akan melakukan submit desain di kontes, lakukan submit bagian sisi samping kiri dan kanan nya saja terlebih dahulu, tetapi jika kamu sanggup membuat semua sisi, silahkan kirimkan semuanya. Ini akan menjadi nilai plus dari usaha kamu untuk menarik hati si CH.
  • Kirim file handover tidak perlu dengan file format vector template mobilnya, kecuali sudah dijelaskan diawal pada brief kontes. Dan file template sudah dipersiapkan oleh CH.
  • Lakukan revisi jika diminta untuk penambahan file vector template mobil buatan kamu setelah proses kirim file handover awal. Kamu berhak meminta dan menyuruh CH membeli file template mobil jika dibutuhkan.
  • Jangan lupa ubah format file vector kamu ke selain RGB yakni CMYK (harus) dan Pantone (tidak harus)

Nah, teman-teman desainer, diatas itu semua penjelasan yang bisa saya rangkum dan saya buat kedalam artikel ini. Penjelasan berdasarkan pengalaman saya dalam mendesain vehicle wrap. Semoga Tips & Trik Berani Memulai Ikut Kontes Vehicle Wrap di 99designs ini bisa jadi panduan kamu untuk segera memulai terjun ke kontes itu. Peluang menang sangat besar karena saingan belum terlalu banyak seperti kontes logo. SemangART.

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

1 comment:

  1. untuk ukuran serah terima bisa dapet dari mana ya mas?

    ReplyDelete

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.