Advertisements

Tips Membuat dan Membangun Portfolio Member 99designs

Sangat disayangkan jika kamu member 99designs tidak mencoba untuk mempromosikan desainnya untuk calon klien atau contest holder pada Portfolio Member 99designs. Karena keberadaan portfolio sangat membantu sekali dalam kesuksesan untuk menarik minat serta pertimbangan lebih lanjut bagi mereka. Portfolio dalam makna pemasaran digunakan untuk memasarkan sekumpulan produk atau hasil kerja berupa karya desain yang telah diselesaikan. Dengan portfolio ini secara tidak langsung terlibat dalam usaha promosi diri sendiri.

Pada artikel saya kali ini akan sedikit menjelaskan betapa pentingnya memiliki sebuah portfolio dalam member area di 99designs serta bagaimana membuat portfolio dengan baik dan benar serta tepat tujuannya. Silahkan baca dan simak penjelasan dibawah ini untuk Tips Membuat dan Membangun Portfolio Member 99designs. Sebelumnya kamu juga sudah paham apa manfaat  portfolio dalam 99designs?. Seperti penjelasan pada artikel saya yang sedikit spesifik sebelumnya tentang Not a Platinum yet? Tips Terbaru Platinum Portfolio Review 99designs.

Profile Portfolio Building Tips 99designs

Profile & Portfolio Building Tips 99designs

Jangan Berlebihan

Portfolio dikatakan menarik jika diisi dengan desain-desain pilihan terbaik kamu. Jangan terlalu berlebihan menampilkan desain dalam jumlah banyak. Lebih baik memiliki sedikit desain yang menurut kamu layak untuk ditampilkan pada portfolio daripada memasukkan desain yang tidak layak. Yang jelas portfolio diisi dengan hasil desain kamu yang paling TOP dan merupakan kebanggan menurutmu.

Jangan Dipaksakan

Disisi lain buat member yang masih baru bergabung di 99designs kadang mereka belum paham untuk apa itu portfolio. Ketika dia memiliki desain pada sebuah kontes, kualitas desain yang masih kurang layak disaat kalah kontes pun dimasukkan kedalam portfolio. Saya pribadi pun pada awalnya seperti itu. Namun lama kelamaan desain lama yang tidak layak itu saya buang dan menggantikannya dengan desain yang hanya menang kontes saja serta unik. Jadi buat member baru, saran saya lakukan penambahan desain portfolio secara bertahap dengan memastikan desain benar-benar terbaik menurut kamu. Jadi jangan dipaksakan seadanya, agar calon klien dan contest holder bisa tertarik dengan kualitas desain kamu untuk diajak dalam kontes mereka ataupun 1-to-1 project.

Tidak Perlu Mengulang Submit Portfolio dari Jenis yang sama

Memasukkan desain pada portfolio tidak perlu mengulang jenis desain yang sama, jika kamu pemain logo seringkali memasukan berbagai macam logo yang mirip dan umum. Cukup diketahui saja jika jenis desain logo itu jumlahnya jutaan bahkan lebih. Jika ini terlalu banyak di portfolio maka buat mereka yang melihat desain kamu kebanyakan menjadi malas. Lakukan submit desain portfolio yang jenisnya berbeda, biarkan mereka menelusiri akun kamu dan pastinya menemukan desain kamu lainnya melalui thumbnail yang ada di portfolio.

Proses 'CROP' atau fitur pemotongan "Preview Thumbnail"

Saat ini fitur CROP pada 99designs sudah ada, jadi ketika kamu submit desain portfolio akan muncul "Preview Thumbnail" yang fungsinya memotong desain untuk menampilkan bagian tertentu saja menjadi lebih jelas. Dulu fitur ini belum ada, jadi tampilan desain portfolio nampak full preview. Silahkan dicoba.

Desain GENERIC = Kesalahan Fatal

Ini yang terpenting buat pemain Logo, jangan melakukan submit entri desain ke portfolio kamu jika desain tersebut mempunyai elemen-elemen desain yang sifatnya generic, contoh icon yang sudah umum, font yang generik dan tersebar luas bisa diunduh secara gratis, pemakaian style logo yang overused seperti contoh gambar dibawah ini. Itu akan merusak citra dan keunikan desain kamu. Uninstal font-font generik tersebut seperti "Harabara", "Trajan" and "Satisfaction" dan jangan pernah install font itu lagi. Jika logo kamu diketahui menggunakan font tersebut maka jangan menyesal kalau akun kamu bisa disuspend bahkan bisa menurunkan status Platinum member menjadi member biasa. Untuk contoh-contoh desain generic silahkan cek informasi selengkapnya di Generic Logos.
Sample Generic Logo Designs

Portfolio itu Ternyata Hidup

Jangan memperlakukan portfolio hanya sebagai backup desain kamu saja, dengan memanfaatkan portfolio bukan berarti kamu tidak merawatnya tanpa mengupdate dan menyeleksi desain lawas untuk diganti, kurang layak dan lainnya yang bisa merusak citra profesional profile akun 99designs kamu. Disarankan untuk selalu menjamahnya dan mencoba mengupdate tampilan porfolio. Lakukan perubahan posisinya, mana desain yang akan ditampilkan pada halaman utama dan posisi awal dan mana desain yang ditaruh pada akhir tampilan. Ini merupakan strategi ampuh juga agar contest holder yang melihat bisa langsung tertuju ke desain terbaik kamu.

Gunakan Judul, Deskripsi dan Tags

Yang perlu kamu ketahui jika seorang klien tidak bisa mampu menebak kira-kira desain kamu itu merupakan jenis apa? untuk apa? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Nah dengan menambahkan Judul, Deskripsi serta tags pada desain portfolio kamu itu akan membantu mereka untuk memahami desain tersebut. Juga sangat penting ketika mereka menelusuri desain menggunakan kata kunci atau keyword yang secara langsung terdeteksi dari penggunaan judul dan tags pada desain kamu itu. Jadi ini sangat diperlukan dan sangat membantu dalam proses pencarian desain.

Detail Desain adalah Segalanya

Sebelum memasukan desain kedalam portfolio, setidaknya kamu bisa memahami dan mampu menjawabnya sendiri.
  • Apakah desain preview yang terlihat kecil itu bisa dibaca dengan sempurna atau haruskah melihatnya menggunakan alat seperti microskop?
  • Apakah anda yakin pewarnaan desain yang mencolok tersebut bisa sempurna saat pencetakan? Warna neon atau hijau lemon tidak bisa sempurna ketika dicetak mengunakan CMYK lho.
  • Apakah Photo Stock yang dalam desain bisa menjadi hak milik klien yang terlisensi?
  • Apakah Saya beresiko dilaporkan jika ditemukan desain yang mirip lainnya dalam portfolio?

Nah teman-teman desainer 99designs, apakah sudah paham dengan penjelasan saya diatas? itu merupakan dasar yang perlu kamu ketahui ketika melakukan submit entry desain pada portfolio kamu. Semoga artikel Tips Membuat dan Membangun Portfolio Member 99designs bisa bermanfaat buat semuanya. Dan khususnya buat kamu yang berlum memiliki portfolio, silahkan dicoba saja tips diatas dan dapatkan efek positif setelahnya. Dijamin profile kamu akan menjadi pertimbangan utama bagi calon klien atau contest holder. SemangART!

Adam Ariesna Published by Adam Ariesna

• 99designs Web Design Artist.
• Web Hosting & Domain Provider.
• System Administrator Server.
Follow me on Google+.

10 comments:

  1. Mas, mau tanya kalo submit desain memanjang ke bawah (vertikal) itu bagaimana caranya, ya? agar sekali submit itu bisa banyak konsep terakomodir. Trims sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Hanif, intinya sekali submit desain punya ukuran maksimal yang diperbolehkan, file max 8mb, minimum ukuran 960px kali 960px sama maksimum ukuran 2040px kali 8160px. Jadi kalau memanjang kebawah ya jangan lebih besar dari ukuran maksimal lebar sama panjang diatas. Saya main landingpage, itu bisa panjang kebawah, atau misalnya power point, itu juga panjang kebawah karena banyak slide yang harus di masukkan. Jika ukuran maksimal tidak muat maka bisa uploat file baru sebagai tambahan / lanjutan. BTW mau submit desain kategori apa mas? biar bisa saya kasih masukan. Thanks sudah mampir.

      Delete
    2. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI dan TKW yang bekerja di negeri orang saya atas nama IBU MARINA saya seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi ngak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor KYAI ANOM SUROTHO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi KYAI ANOM SUROTHO dan saya minta angka bocoran TOTO MALAYSIA angka yang di berikan TOTO 4D (1229) ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarai-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi KYAI ANOM SUROTHO di nomor (_085_298_569-393_) silahkan buktikan sendiri..
      "K L I K DI S I NI"

      Delete
  2. Kategori saya logo, mas. saya ingin sekali submit itu ada macam2 bentuk yang bisa saya masukkan. Saya sering melihat desainer lain, submit logo terus dibawahnya disusul banyak sekali gambar mock upnya, memanjang ke bawah. namun, tampilan di display tetap yang logo saja. Saya pernah coba, gambar memanjang ke bawah, tapi yang bisa dicroping hanya yang paling atas (gambar logo saja), karena bentuk cropingnya persegi/bujur sangkar, sisa ke bawah tertinggal. Apa mungkin ada teknis tertentu yang bisa sistem cropingnya memanjang ke bawah, ya? Trims, Mas, sukses selalu buat situs ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh maksudnya itu toh, kalo itu sudah dari sananya hanya bisa memproses croping berbentuk kotak / tidak bisa full seperti jaman dulu, jadi kalo panjang kebawah gk memungkinkan di crop, kecuali ukuran gambar yang disubmit berbentuk kotak atau sama baik itu tinggi dan lebar, jadi saat crop bisa menampilkan keseluruhan. Cuman ya resolusi preview jadi terbatas alias kecil :)

      Delete
  3. mas mau tanya kalau akun sy pas dibuka keluar Sorry, you can't log in at this time.
    , kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kena Suspend tuh, akun anda ditangguhkan mungkin permanen mungkin juga sementara

      Delete
  4. Mas kalo backround2 buat entri design itu harus di buat sendiri atau bisa di download mas? Mohon Pencerahanya: )

    ReplyDelete
  5. mohon bantuannya pak Adam
    akun saya di suspend 3 bulan dan harus mengirimkan portofolio beserta linknya setelah 3 bulan.
    tolong saran dan langkah apa yang harus saya lakukan.
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. cukup membantu gan.. matornuwon..

    ReplyDelete

© 2014 Mr. ADAMS Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.